APPSI Kecewa Wali Kota Cirebon Tidak Hadiri Kegiatan Pembinaan Mutu Produk Garam Rakyat

APPSI Kecewa Wali Kota Cirebon Tidak Hadiri Kegiatan Pembinaan Mutu Produk Garam Rakyat

CIREBON - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Provinsi Jawa Barat dan Kota Cirebon mengaku kecewa dengan tidak hadirnya Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis maupun pejabat lainnya dalam kegiatan pembinaan mutu produk garam rakyat di salah satu hotel di Jl Siliwangi, Kota Cirebon, yang digelar Senin malam (9/11).

\"Padahal kegiatan itu untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan rakyat. Kami kecewa tidak ada satu pun pejabat maupun wali kota yang hadir. Yang hadir malah Bupati Cirebon Imron, BPOM, pejabat Bank Indonesia, perwakilan perbankan, pejabat Indag, para produsen dan petani garam asal Cirebon,\" ujar H Agus kepada radarcirebon.com, Senin malam (9/11).

Sementara itu, Kepala Bandan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Hardaningsih mengatakan, untuk mengurus perizinan dan mendapat sertifikat BPOM tidak sulit.

Baca juga:

Jokowi Bagi Sertifikat Tanah untuk Satu Juta Warga di Seluruh Indonesia

Penjelasan Pelapor Video Syur Mirip Gisel setelah Diperiksa Polisi

12 Tahun, Baru Terjadi Rusak Mesin

\"Untuk mendapatkan sertifikat dan izin dari BPOM serangkaian persyaratan yang wajib dipenuhi produsen untuk memastikan produk yang akan dipasarkan berkualitas, aman, dan layak dikonsumsi,\" katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Cirebon Imron berharap ada sinergitas antar pemda dengan pihak lainnya untuk meningkatkan kualitas dan pemasaran garam lokal.

\"Usaha produksi garam di Kabupaten Cirebon sangat melimpah, namun para pengusaha maupun petani mendapat kesulitan dalam pemasarannya. Dan malam ini (9/10), kami berdiskusi dengan BPOM dan instansi lainnya untuk mencari solusi dalam perizinan, meningkatkan kualitas garam hingga pemasarannya,\" ucapnya.

Bupati mengakui bahwa banyak pengusaha atau produsen garam di Kabupaten Cirebon belum mengantongi izin dari BPOM. Menurutnya, kemungkinan sosialisasinya belum sampai ke pengusaha maupun masyarakat.

\"Kami minta BPOM untuk turun melakukan bimbingan atau sosialisasi dan arahannya kepada pengusaha maupun petani garam. Pemkab Cirebon sendiri akan mendampingi para pengusaha garam agar bisa mendapat izin dan sertifikat dari BPOM,\" katanya. (rdh)

https://youtu.be/yiv04mHUIkc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: